Tips & Trik di sekitar Dapur

Cara mengenali Ikan Segar

Bau ikan merupakan tanda khas mengenali kesegaran ikan. Pada umumnya, ikan yang masih segar berbau seperti bau rumput laut. Bau ikan bukan satu-satunya tanda untuk mengenal kesegaran ikan. Masih banyak tanda-tanda lainnya misalnya dengan meneliti insang ikan. Insang ikan yang masih segar akan tampak berwarna merah ditambah beberapa titik-titik lain yang sangat spesifik sesuai jenis ikannya. Warna insang ini akan berubah menjadi kekuning-kuningan kemudian apabila bertambah busuk akan berubah lagi menjadi coklat atau ke abu-abuan. Selain warna, perubahan lain pada insang jika ikan mulai membusuk tampak nyata dari banyaknya lendir yang membasahi insang tersebut.

Tanda pembusukan lain, dapat juga dilihat dari mata ikan. Mata ikan yang segar umumnya akan terlihat jernih. Bila sudah mulai membusuk, mata ikan akan berubah menjadi merah muda atau merah jambu, sampai ke abu-abuan. Selain warna, bentuk mata ikan itu sendiri dapat menjadi tanda. Mata ikan segar akan menonjol keluar, sedangkan yang sudah busuk akan terbenam dalam kelopak matanya.

Tubuh ikan itu sendiri dapat kita amati. Pada ikan segar, ditubuhnya akan terdapat lendir yang transparant. Ini akan terasa jika kita memengangnya. Pada ikan yang telah membusuk, lendir bertambah banyak tetapi warnanya berubah, tidak lagi transparan tetapi agak kekuning-kuningan. Beberapa jenis ikan mempunyai sisik yang menempel kuat ada juga yang sisiknya mudah lepas dari tubuh ikan tersebut. Ikan dari jenis ini akan lebih mudah membusuk. Pada ikan yang telah membusuk, dinding perutnya terlihat kehitam-hitaman. Hal ini disebabkan karena makanan dalam usus lebih cepat membusuk dan mempengaruhi dinding usus sehingga lembek dan bocor.

Dari sekian tanda-tanda kesegaran ikan, ada satu tanda lagi yang mungkin kurang mendapat perhatian, namun sebenarnya dapat dipakai sebagai patokan pada ikan-ikan tertentu. Ikan yang sudah busuk pada umumnya mengapung di permukaan air, karena otot ikan yang sudah busuk sudah banyak yang terurai dan cairan tubuhnya sudah hilang.

0 komentar:

Posting Komentar

'